Informasi Kontak
Jl.Raya Parungpanjang No.164
Legok, Tangerang, Banten, Indonesia
info@kelola.co.id
+62 811 968 0220

Apa Itu Sistem ERP dan Kegunaannya Untuk Perusahaan Anda

Apa Itu Sistem ERP dan Kegunaannya Untuk Perusahaan Anda

Pengertian Sistem ERP

Apa itu ERP ? ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sistem atau software baik itu berbasis desktop maupun web yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola seluruh kegiatan dan proses bisnis mereka. Seperti mengelola penjualan, pembelian, stok, biaya, keuangan, akuntansi, proyek, produksi, SDM, dan lainnya. ERP dapat memfasilitasi bisnis atau perusahaan dengan informasi real-time dan akurat karena seluruh kegiatan bisnisnya tercatat dalam sistem sehingga pemilik bisnis dapat membuat keputusan bisnis dengan baik berdasarkan data yang dihasilkan.

 

Istilah ERP dicipatakan pada tahun 1990 oleh Gartner Group. Tetapi konsel ini sudah ada sejak tahun 1960-an.

 

Industri yang dapat menggunakan ERP

 

Pada awalnya ERP dirancang untuk industry manufaktur, sekarang sistem ini dapat digunakan untuk hampir semua sector industry seperti jasa, pendidikan, retail, property, restoran, pemerintah, dan banyak lainnya.

 

Setiap perusahaan atau bisnis tentunya mengelola karyawan, membeli dan menjual produk atau jasa, atau juga mencatat keuangan. Semua perusahaan dari segala industri sangat mungkin menggunakan sistem ini.

 

Manfaat ERP untuk bisnis

 

Menurut data statistic tahun lalu, 81 persen perusahaan berhasil mengimplementasikan ERP pada bisnis mereka dan sukses mendapatkan manfaatnya. Berikut ini manfaat yang dapat anda rasakan jika menggunakan ERP.

1. Efisien

Sistem ERP mempunyai fungsi untuk menyederhanakan semua aktifitas bisnis dan administrasi. Sistem ini juga mempersingkat dan mempermudah beberapa tugas kompleks seperti pengecekan, pembagian tugas karyawan, pemantauan, hingga laporan.

Bahkan dengan menggunakan ERP bisnis anda akan menuju ke administrasi tanpa kertas. Semua dokumen yang bersifat internal dapat dipindahkan ke digital.

 

2. Kolaborasi Tim

Kolaborasi antar divisi atau departemen akan sangat terlihat karena seluruh data akan terpusat. Contoh : accounting, finance, purchasing, sales akan merujuk pada dokumen penjualan dan dokumen lainnya merujuk juga pada dokumen penjualan.

3. Menghemat Biaya Operasional

Dengan menggunakan ERP, perusahaan dapat menghemat biaya operasional karena sistem ini akan mengurangi waktu yang biasanya terbuang banyak untuk pencarian data, pengecekan data, laporan kepada atasan, dan lainnya.

 

4. Keamanan

Sistem ERP memiliki sistem keamanan khusus dan admin atau atasan dapat menentukan pembatasan akses. Misalkan sales hanya bisa membuat dan memantau dokumen penjualan dan tidak dapat membuat invoice, dan lainnya. Admin juga dapat langsung menghentikan akses karyawan.

Dengan menggunakan ERP, seluruh aktifitas dokumen tercatat bahkan siapa yang mengubahnya juga tercatat.

 

5. Keputusan Bisnis

ERP dapat menyuguhkan data yang akurat sehingga pemilik usaha dapat menentukan langkah bisnis yang tepat. Seluruh laporan dapat dibuat secara otomatis tanpa harus meminta karyawan membuat laporan.

 

6. Monitoring

Ini manfaat yang sangat membantu pemilik usaha. Pemilik usaha dapat mengkontrol usahanya tanpa harus datang ke kantor. Bahkan dashboard monitoring ini dapat diakses menggunakan smartphone.

 

7. Tidak Perlu Menggunakan Banyak Software

Dengan menggunakan ERP, perusahaan anda tidak perlu memakai banyak software berbeda pada setiap department nya. Tidak perlu lagi menggunakan aplikasi CRM dan accounting yang berbeda, semua dapat dilakukan di sistem ERP.

 

Kapan waktu yang tepat untuk beralih ke sistem ERP ?

Jika usaha anda memiliki masalah yang ada dibawah ini, berarti ini waktu yang tepat untuk perusahaan anda menggunakan sistem ERP.

 

  1. Karyawan anda menghabiskan banyak waktu untuk tugas-tugas yang dilakukan secara manual.
  2. Anda tidak dapat mengkontrol dan melihat langsung statistik perusahaan anda.
  3. Anda memiliki banyak produk dan supplier atau vendor sehingga membuat pekerjaan ini rumit dilakukan secara manual.
  4. Karyawan anda sulit berkolaborasi dengan satu sama lain dalam menyelesaikan tugas atau proses bisnis.
  5. Anda tidak dapat melihat performa dan statistik perusahaan anda ketika anda diluar kantor dan pada waktu-waktu libur.
  6. Anda sering terlambat dalam mengatasi masalah karena pengumpulan data dan informasi yang kurang cepat.

 

Silahkan konsultasikan ke tim kami jika anda ingin mengimplementasi sistem ERP pada bisnis anda.

Post a Comment