Informasi Kontak
Jl.Raya Parungpanjang No.164
Legok, Tangerang, Banten, Indonesia
info@kelola.co.id
+62 811 968 0220

Apa Itu Website & Macam – Macamnya

jenis-website

Apa Itu Website & Macam – Macamnya

Website atau biasa disebut web saja adalah suatu kumpulan halaman di internet yang di dalamnya memuat sebuah informasi. Tersusun dari gabungan beberapa media seperti teks, gambar, audio, video, animasi. Atau gabungan semuanya baik bersifat statis maupun dinamis. yang dapat ditampilkan atau diolah melalui sebuah Web Browser atau Browser.

Untuk membuka sebuah halaman web, pengguna harus mempunyai komputer atau ponsel yang terkoneksi internet. Website pada umumnya adalah sebuah dokumen yang memiliki format HTML (Hyper Text Markup Language)  yang diakses melalui HTTP atau HTTPS. Merupakan dasar komunikasi data untuk World Wide Web. Berbentuk teks terstruktur dan dihubungkan oleh jaringan – jaringan halaman (hyperlink). Semua data pada halaman web disimpan pada server hosting.

Website di internet terangkum dalam sebuah domain untuk mempermudah pengguna menemukan halaman web tertentu. Dan tidak perlu mengingat IP address server hosting. contoh domain adalah “.com”, “.net”, “.org” dan lain – lain.

Macam – Macam Website.

Website Statis

Website statis adalah suatu halaman web yang secara tampilan dan kontennya konstan tidak berubah – ubah (statis). Dimana saat si pemilik website ingin mengubah tampilannya harus dilakukan secara manual. Seperti menyusun kembali website tersebut dan mengubah kode – kode struktur website tersebut. website statis bersifat menunjukan informasi yang sama kepada setiap pengguna.

Website jenis ini dibuat oleh developer menggunakan kode HTML dan CSS biasa. dengan perubahan yang tidak rutin dan berkala. karena alasan tersebut kebanyakan website statis tidak memiliki database. Hanya menampilkan media – media seperti teks dan gambar yang mendasar. Umumnya website – website company profile menggunakan website jenis ini.

Website Dinamis

Website dinamis kebalikan dari website statis. Karena secara konten dan tampilan diperbaharui secara berkala. Umumnya website di internet berjenis dinamis. Ini dikarenakan secara pengelolaan jauh lebih mudah dibandingkan website statis. Menampilkan informasi dan konten dari database yang hanya bisa diakses oleh sang developer. Walaupun biasanya website dinamis memungkinkan developer untuk membuat user – user yang dapat mengubah sebagian konten tanpa mengganggu UI (User Interface) secara keseluruhan.

Jenis ini biasanya dirancang dengan visual dan tingkat interaktif tinggi. Fitur – fitur seperti komentar & halaman formulir pendaftaran yang terdapat dalam website jenis dinamis ini biasanya tidak terdapat dalam website statis.

Beberapa contoh website dinamis seperti ; Blog pribadi/perusahaan, situs jual beli online, situs berita dan lain – lain.

Website Interaktif

Website Interaktif bisa dibilang website dinamis tingkat lanjut. Dimana perubahan –  perubahan konten dan tampilan berubah sangat cepat. selain itu jika biasanya tampilan pada website dinamis hanya bisa dikelola oleh Developer dan timnya, Pada website jenis ini pengguna juga bisa. Beberapa contohnya adalah website jejaring sosial dan forum – forum diskusi.

 

Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

1. Blog

2. E-commerce

3. Company Profile

4. Forum

5. Berita

Post a Comment